Blog sederhana tentang pernik pisang khususnya komoditi pisang sale basah (DEMPO:bugismakassar).

PISANG DAN KESEHATAN

ASUPAN pisang secara teratur ternyata berdampak penting bagi kesehatan. Sejumlah peneliti telah membuktikan, buah tropis ini kaya akan manfaat. Jadi rasanya rugi jika kita hidup di negeri tropis, tetapi tidak memanfaatkan khasiat buah yang satu ini. Yuk, kita intip sejumlah manfaat buah pisang!

1. Sumber Tenaga
Karena teksturnya yang lembut, pisang dapat dicerna dengan mudah, sehingga gula yang terdapat di dalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan juga sangat bagus untuk menghilangkan lelah.
2. Kurangi Risiko Stroke
Pisang punya banyak kandungan kalium dan potasium. Zat ini fungsinya adalah membantu sistem sirkulasi tubuh, hingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga membantu denyut jantung menjadi teratur. Karenanya, pisang juga mengurangi risiko terjadinya stroke dan mengatur tekanan darah agar normal.
3. Rileks dengan Pisang
Pisang mengandung potasium, yaitu mineral vital yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika mengalami stress, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang.
4. Meningkatkan Kesehatan Otak
Pada sebuah penelitian dengan responden 200 orang siswa, pengaruh konsumsi pisang terhadap tingkat konsentrasi dikorelasikan. Hasilnya, pelajar yang memakan pisang tiga kali sehari sebagai pencuci mulut terlihat mengalami peningkatan konsentrasi dan daya tangkap.
5. Mengontrol Temperatur
Di beberapa negara pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.
6. Atasi Morning Sick Ibu Hamil
Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan. Di samping itu pisang juga membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick.
7. Teman Berdiet
Kandungan gula dalam pisang memang jauh lebih tinggi daripada buah-buah segar lainnya. Namun, kandungan karbohidrat dan lemak yang rendah membuat pisang baik digunakan sebagai makanan diet. Selain gizinya bisa mencukupi, pisang juga cukup baik untuk mengganjal perut karena bisa membuat kenyang.
8. Kurnagi Kram Saat Menstruasi
Bagi perempuan yang kerap mengalami sakit perut saat sedang menstruasi, mengkonsumsi pisang bisa meringankan kram tersebut. Kandungan vitamin B6 dalam pisang cukup tinggi, sehingga membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang merusak mood dan membuat sakit bulanan berkurang.
9. Penderita Lever
Bagi penderita lever, dua buah pisang sehari dengan tambahan satu sendok madu, akan baik untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan kerja lever.
10. Sembuhkan Luka Bakar
Belum banyak yang mengetahui, jika daun pisang dapat mengobati luka bakar. Caranya, kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa. Campuran ini mampu mendinginkan kulit yang terbakar.

11. Mengobati Bekas Gigitan Nyamuk
Wow, kulit pisang ternyata juga dapat mengobati bentol-bentol bekas gigitan nyamuk. Caranya, oleskan sedikit kulit pisang bagian dalam ke bentol kulit tersebut untuk mengurangi gatal dan bekas merahnya.
Sebelas poin ini merupakan sebagian kecil dari manfaat buah pisang. Dengan mengetahui khasiat tersebut, masihkah Anda malas menyantap buah pisang? Mulai hari ini, sediakan selalu pisang di atas meja makan Anda!

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2012/06/21/801/Sudahkah-Anda-Menyantap-Pisang-Hari-Ini
(Diantika PW/CN27)
Share

1 komentar:

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus